ACES (IDX – CONSUMER CYCLICALS) - PT Ace Hardware Indonesia Tbk bersiap melanjutkan pembukaan gerai baru di 2023. Emiten ritel ini mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) hingga Rp 300 miliar. Head of Corporate Communications ACES – Melinda Pudjo mengatakan bahwa manajemen berpandangan tahun 2023 yang penuh dengan tantangan tentunya perlu dipersiapkan dengan baik dan penuh kehati-hatian. Hal tersebut karena banyaknya ancaman seperti isu inflasi, penurunan daya beli, tahun politik, hingga ancaman resesi. Namun, hal tersebut tidak mengurangi optimisme ACES untuk dapat bangkit dan bertumbuh di tahun 2023. Dengan adanya dukungan dari masyarakat dan pemerintah yang optimis dalam memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 5,3% di tahun 2023, serta dihapusnya kebijakan PPKM membuat perusahaan tetap optimis hal tersebut dapat membantu dan berdampak positif dalam mempercepat pemulihan industri ritel. Dengan demikian, perseroan tetap fokus pada rencana kerja tahun 2023.
Strategi yang ACES lakukan antara lain adalah melakukan ekspansi bisnis dan layanan dengan selektif. Selain melakukan ekspansi pasar, ACES juga melakukan aktivitas pemasaran sesuai dengan pangsa pasar hingga strategi seamless omni-channel. Strategi tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan penjualan. Selain itu, perusahaan juga fokus untuk memberikan produk yang inovatif dan solutif, serta pengalaman belanja yang baru untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, pengembangan human capital, hingga inovasi pada teknologi digital dalam berbagai aspek operasional. Melinda mengatakan bahwa tahun ini ACES mengalokasikan capex sebesar Rp200 miliar-Rp300 miliar dan anggaran tersebut akan digunakan salah satunya untuk melakukan ekspansi dengan membuka 10-15 toko di seluruh Indonesia.
Untuk kedepannya, ACES juga terus melakukan evaluasi dan riset dengan hati-hati dari segi potensi dan kompetisi pasar hingga sarana infrastruktur di suatu area untuk kelancaran distribusi. Pada tahun 2022, ACES melakukan ekspansi dengan membuka 17 toko di seluruh Indonesia. Ekspansi dilakukan baik di area eksisting hingga area baru seperti di Kebumen, Magelang, Serang, Gowa, hingga Prabumulih. Per kuartal III 2022, ACES membukukan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai Rp 351,71 miliar. Jumlah ini tumbuh 8,93% secara year on year (YoY) dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp 322,85 miliar. (Kontan)
Source : https://investasi.kontan.co.id/news/ace-hardware-aces-anggarkan-capex-hingga-rp-300-miliar-pada-tahun-2023