Riset & Berita

  • Follow Us :

Transaksi Efek dengan Memanfaatkan Window Dressing di Penghujung Tahun

Dalam dunia pasar modal, kenaikan dan penurunan harga saham merupakan hal yang biasa. Beberapa faktor yang mempengaruhi fluktuasi ini bermacam-macam, mulai dari pergerakan kurs Rupiah terhadap mata uang asing, kondisi fundamental ekonomi makro, kebijakan pemerintah, hingga proyeksi kinerja perusahaan di akhir tahun fisikal (window dressing).

 

Window Dressing sendiri dikenal sebagai suatu kondisi pada saat harga saham akan cenderung menguat di bursa efek atau bursa saham. Dan kondisi ini biasanya terjadi pada akhir tahun. Pada masa Window Dressing, perusahaan ada di masa rekapitulasi hasil kinerja tahunan.

 

Salah satu pihak yang menyebabkan terjadinya window dressing adalah Manajer Investasi. Penguatan saham mengundang Manajer Investasi ikut meningkatkan kinerja portofolio bisnisnya. MI ikut mengalami dampak positif, baik dari pengelolaanya maupun dalam melakukan investasi, sehingga nantinya memiliki laporan yang baik pada perusahaan maupun nasabah yang memakai jasanya.

 

Investor tertarik memanfaatkan Window Dressing di akhir tahun ini karena menjelang tutup buku dapat membuat efek penguatan saham yang paling besar.

Efektivitas investasi saat Window Dressing dapat dilihat dari data Jakarta Stock Exchange Composite Index diatas, dimana secara historis menunjukan bahwa rata-rata return saham dari tahun 1983-2019 pada bulan Desember sebesar 6,05% paling besar dibandingkan dengan bulan lainnya.

Data historikal ini tentu harus dikombinasikan dengan pilihan saham dengan kondisi fundamental yang baik. Jadi untuk investor tetaplah memperhatikan kondisi emiten sebelum berinvestasi.

Tips memanfaatkan Window Dressing di penghujung Akhir Tahun

 

  • Mempertimbangkan faktor fundamental dari saham yang akan dibeli.

saham yang memiliki fundamental kuat umumnya memiliki daya tahan yang lebih kuat dalam pergerakan harga pada bursa efek.

  • Memilih saham yang menjadi pendorong utama indeks.

Biasanya saham penggerak indeks adalah bluechips atau perusahaan berkapitalisasi besar.

  • Konfirmasikan dengan Analisis Teknikal

artinya mencari/menganalisis saham yang dalam kondisi cenderung naik.

  • Alokasikan dana yang dimiliki secukupnya

Jangan mengalokasikan dana yang tersedia sepenuhnya untuk investasi, alokasikan dana secukupnya saja, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Kesimpulannya, bahwa Window Dressing menguntungkan bagi pelaku jual beli saham, tetapi tidak semua saham memiliki kondisi fundamental yang baik. Jadi dalam berinvestasi saham tetap harus memperhatikan faktor lain yang mempengaruhi pergerakan harga saham