Riset & Berita

  • Follow Us :

Tingkatkan Potensi Keuntungan Trading Saham dengan Fasilitas Marjin

Salah satu tujuan dari berinvestasi melalui trading saham adalah dengan mendapatkan keuntungan dari capital gain yang terus meningkat dan konsisten.

Beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk mencapai hal tersebut diantaranya :

  1. Mengikuti perkembangan pasar dan trend yang sedang terjadi dengan memilih saham yang memiliki potensi naik (bullish)
  2. Menentukan target profit dan loss agar trading lebih disiplin (misalnya, target profit Rp 500.000 per hari, maksimal dengan kerugian Rp.100.000 per hari)
  3. Mengatur portofolio yang baik dengan strategi diversifikasi

Selain strategi di atas, fasilitas yang diberikan juga dapat dimanfaatkan untuk membantu memperbesar potensi keuntungan trading sahammu. Mandiri Sekuritas memberikan fasilitas-fasilitas yang berorientasi pada peningkatan profit untuk investor, salah satu fasilitas yang disebutkan sebelumnya adalah fasilitas Marjin.

Fasilitas Marjin adalah fasilitas yang diberikan oleh sekuritas untuk para investor berupa pembiayaan penyelesaian transaksi efek pada saat jatuh tempo (T+2).

Berikut ilustrasi sederhana transaksi Fasilitas Marjin dengan Rekening Regular yang menggunakan Trading Limit  :

  • Rekening Reguler (dengan Trading Limit)
 

Investor dengan modal portofolionya di rekening reguler membeli saham menggunakan trading limit sebesar Rp 100 juta pada hari Senin (T+0). Oleh karena itu, investor harus menyediakan dana sebesar Rp. 100 juta untuk membayar kewajibannya pada hari Rabu (T+2). Jika investor tidak membayar Rp 100 juta pada hari Rabu, maka pada hari Kamis (T+3) investor akan terkena suspend buy atau tidak dapat membeli saham. Apabila hingga pada hari Jumat (T+4) investor tidak membayar kewajibannya, sekuritas berhak melakukan forced sell atau penjualan paksa saham investor untuk membayar kewajiban jatuh temponya.

  • Fasilitas Marjin

Investor dengan jaminan portofolionya di rekening marjin membeli saham menggunakan trading limit sebesar Rp 100 juta pada hari Senin (T+0). Karena investor membeli saham dengan fasilitas marjin, maka investor tidak harus menyediakan dana untuk membayar kewajibannya pada hari Rabu (T+2). Hal ini dikarenakan sekuritas akan memberikan fasilitas pembiayaan penyelesaian transaksi investor tersebut. Investor bisa bertransaksi kembali tanpa terkena suspend buy dan forced sell.

Dengan menggunakan fasilitas marjin investor hanya dikenakan biaya 0.05% per hari, lebih murah dari rekening reguler (0.1% per hari).

Saham yang dapat ditransaksikan dengan fasilitas marjin hanya saham-saham marginable yang daftarnya diumumkan oleh Bursa Efek Indonesia setiap bulan. Ada lebih dari 150 saham marjin yang bisa kamu transaksikan.

Perlu diperhatikan oleh pengguna fasilitas Marjin ini, Investor perlu menjaga nilai jaminan (portofolio + net cash) dibanding dengan kewajiban minimal pada rasio 155%. Apabila nilai jaminan kurang dari 155%, Mandiri Sekuritas akan meminta investor untuk memenuhi jaminan pembiayaan hingga rasio pembiayaan kembali ke 155% dan jika nilai jaminan kurang atau sama dengan 130% atau di bawahnya. Mandiri Sekuritas berhak melakukan forced sell untuk memenuhi minimal nilai jaminan 155%.

Kamu dapat memperoleh fasilitas limit marjin sampai dengan 2,8 x net cash + 1,81 nilai portofolio.

*Trading limit berlaku untuk fasilitas marjin, untuk informasi rekening reguler bisa diakses di link berikut https://www.most.co.id/Portal/NewsAndResearch/Detail/7222

Berikut persyaratannya** :

  1. Mengajukan Permohonan Fasilitas Marjin
  2. Menjadi Nasabah Reguler minimal 3 bulan
  3. Memiliki dana cash atau portfolio minimal Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta)

Manfaatkan potensi momentum koreksi harga saham dengan kapasitas trading limit yang lebih leluasa dengan fasilitas Marjin.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pengajuan Rekening Marjin silahkan hubungi care center:

 **Sesuai Peraturan OJK V.D.6.