Riset & Berita

  • Follow Us :

Lima Alasan Mengapa SBN Adalah Investasi Yang Cocok Untuk Kamu Para Generasi Sandwich

Layaknya roti sandwich, generasi ini telah terjepit oleh kewajiban dari 2 generasi sebelum dan sesudahnya. Bahkan keadaan terjepit ini bukan hanya soal finansial, tetapi juga emosional dan fisik. Tekanan ini membuat generasi sandwich rentan terhadap stres. Their life is juggling, upside down.

Akar permasalahan dari sandwich generation dimulai dari kebiasaan generasi sebelumnya. Mereka melakukan kekeliruan dalam mempersiapkan masa pensiun. Ketika tiba masa pensiun, kondisi keuangan menjadi tidak stabil. Hal tersebut terjadi secara berulang dari tiap generasi. Apabila hal ini tidak dibenahi, sandwich generation akan terus berulang. Oleh sebab itu, mata rantai kebiasaan itu harus dihentikan.

Sandwich generation adalah tulang punggung keluarga yang hebat. Namun, seseorang harus mempertimbangkan perencanaan keuangan dengan baik agar tidak terpeleset di kemudian hari dan kondisi keuangan bisa tetap stabil. Investasi berkala, tentu bisa jadi salah satu solusi untuk memutus mata rantai kebiasaan ke generasi berikutnya. Berikut ini lima alasan yang menjelaskan mengapa SBN adalah instrumen yang cocok untuk para generasi sandwich Indonesia.

 1. Investasi Berkala

Pemerintah mengeluarkan seri SBN dengan rutin setiap bulannya. Dengan seri yang berbeda-beda, maka investor tetap konsisten menyisihkan pendapatan tiap bulan, untuk jatuh tempo di 2 atau 3 tahun ke depan. Dengan kebiasaan ini, investor bisa mendapatkan imbal hasil berkelanjutan. Anda bisa memanfaatkan imbal hasil kupon untuk menutupi kebutuhan bulanan, dan menyimpan hasil pokok saaat jatuh tempo nanti di hari tua.  

 2. Aman

Negara menjamin pembayaran pokok dan kuponnya. Investor tidak perlu khawatir akan risiko gagal bayar, seperti instrumen investasi lainnya. Pemerintah telah menganggarkan pembayaran pokok dan imbal hasil pada rencana anggaran belanja negara. 

 3. Terjangkau

Investasi mulai dari nominal minimal Rp 1  juta hingga maksimal Rp 3 miliar. Biasanya, untuk mendapatkan imbal hasil dengan jumlah bersaing, instrumen lain mewajibkan untuk melakukan minimal deposit yang tidak kecil jumlahnya. Contohnya, beberapa deposito yang ditawarkan dengan imbal hasil 6.5% per tahun, mengharuskan minimal investasi Rp.500.000.000. Begitu juga dari segi pajak. SBN menawarkan pajak yang lebih ringan, yaitu 15%, dibandingkan dengan instrumen lain, misalnya deposito yaitu 20%. 

 4. Imbal hasil Kompetitif

Besaran kupon bunga dan imbal hasil SBN selalu berada di atas deposito dan disesuaikan dengan suku bunga acuan Bank Indonesia yang berlaku.  Sistem imbal hasil yang ditawarkan yaitu fixed rate atau floating with floor.

 5. Mudah

Dapat dibeli secara online melalui MOST SBN melalui most.co.id. Kini berinvestasi, tidak perlu keluar rumah, cukup lewat perangkat pintar Anda. Kapanpun, dimanapun, Anda bisa berinvestasi.

 

Tunggu apalagi, segera berinvestasi dengan rutin di instrument SBN. Sebagai investor, Anda bisa menggunakan pokok investasi untuk mempersiapkan dana pensiun di hari tua, sedangkan kupon yang dibayarkan setiap bulan dapat digunakan untuk membiayai dana pendidikan anak dan kebutuhan pribadi. Dapatkan ORI016 sebelum 24 Oktober 2019, di sbn.most.co.id []