Riset & Berita

  • Follow Us :

Lebih Nyaman Trading dengan Fitur Trade Limit MOST

Halo, Traders!

Salah satu kunci sukses dalam trading saham adalah konsistensi. Meskipun tanggal tua misalnya, aktivitas trading harus tetap berjalan. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan kemampuan trading, Mandiri Sekuritas menyediakan fasilitas Trading Limit (TL) yang bisa digunakan untuk membeli saham dengan nilai melebihi dari aset yang dimiliki. 

Trading Limit (TL) adalah fasilitas pinjaman yang diberikan kepada Nasabah, dalam bentuk limit transaksi, untuk pembelian saham yang nilainya melebihi aset yang dimiliki. Batas Maksimal limit transaksi yang diberikan adalah 3 x net cash + 2 x nilai portofolio setelah haircut. *

Untuk nilai Trading Limit dapat dilihat melalui menu Remain Trading Limit seperti gambar di bawah ini:

Ada saat dimana traders berada pada momen yang bagus untuk membeli saham, tetapi kekurangan dana pada Rekening Dana Nasabah (RDN), maka nasabah dapat ‘meminjam’ kepada sekuritas melalui fasilitas Trading Limit (TL).

Nasabah yang menggunakan Trading Limit wajib menyelesaikan transaksi dalam waktu T+2, apabila melewati waktu jatuh tempo akan dikenakan penalty sebesar 0,1% per hari.

Ilustrasi 1 :

Nasabah memiliki dana sebesar Rp 20 juta dalam Account MOST maka Nasabah akan mendapatkan Trading Limit (TL) sebesar Rp 60 juta.

Jika Nasabah membeli saham senilai Rp 30 juta, maka Rp 10 juta tersebut menggunakan fasilitas TL.

Ilustrasi 2 :

Jika transaksi beli dilakukan pada tanggal 1 dan dijual di hari yang sama dengan sistem penyelesaian transaksi T+2 maka Anda tidak akan dikenakan penalty.

Ilustrasi 3 :

Jika transaksi beli dilakukan pada tanggal 1 dan dijual tanggal 2, maka akan dikenakan suspend buy di tanggal 3 (1 hari setelah jatuh tempo T+2) dan dikenakan bunga penalty dengan perhitungan sebagai berikut:

1 hari x 0,1% x Rp 10 juta = Rp 10.000,-

Ilustrasi 4 :

Jika transaksi beli dilakukan pada tanggal 1 di hari Senin dan tidak melakukan penjualan atau penyelesaian transaksi , maka pada hari Kamis akan dilakukan suspend buy dan di hari Jumat akan dilakukan Forced sell.

*Perlu diperhatikan bahwa perhitungan hari penyelesaian transaksi sesuai hari bursa, sementara pemberlakuakn penalty menghitung hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional. Perencanaan harus dilakukan dengan seksama, terutama untuk jadwal penyelesaian transaksi. Apabila sampai dengan T+4 tidak dilakukan penyelesaian transaksi misalnya, sistem akan menjalankan prosedur forced-sell atau jual paksa saham. 

Dengan adanya fasilitas Trading Limit akan sangat mempermudah Nasabah yang kekurangan dana dan mampu memaksimalkan assetnya, terlebih dengan penalty yang diberikan hanya 0,1% per hari dari dana yang dipinjamkan.

Tetapi penggunaan Trading Limit harus disiasati dengan pemilihan saham yang memliki growth stabil atau cenderung meningkat, karena apabila saham turun maka akan dilakukan forced sell. Forced Sell hanya akan dilakukan jika nilai aset dibanding dengan kewajiban turun menjadi 125% atau dibawahnya

Jadi jangan sampai ketinggalan trend yang sedang naik hanya karena dana di Rekening Dana Nasabah (RDN) kamu kurang, gunakan feature Trading Limit ini untuk menjaga konsistensi trading kamu yuk Traders!

catatan:

*batas limit berlaku untuk akun regular, untuk akun margin pelajari fasilitas trading limit di link berikut https://www.most.co.id/Portal/NewsAndResearch/Detail/7227